tari ngremo

Meski zaman sudah berubah, namun eksistensi tari tradisional harus tetap menjadi perhatian. Karena itu, agar seni tari tradisional tidak menghilang ditelan zaman, perlu adanya kepedulian untuk melestarikannya. Seperti yang banyak kita tahu, bahwa setiap tarian pasti punya sejarah tersendiri yang tak boleh dilupakan begitu saja.

Salah satu seni tari yang patut untuk dilestarikan adalah Tari Ngremo atau Tari Remo, yaitu salah satu tari tradisional asal Jawa Timur.  Menurut sejarahnya, Tari Ngremo ini merupakan tarian yang dipertunjukkan pada acara resmi kerajaan saat menyambut kedatangan tamu.

Tari Ngremo ini mengisahkan tentang perjuangan seorang pangeran di medan laga. Tarian ini bisa ditarikan dalam gaya wanita maupun laki-laki dan bisa dilakukan secara bersama-sama maupun bergantian.

Namun seiring perkembangan zaman, tari Ngremo pun berubah fungsinya, yaitu lebih banyak ditarikan sebagai tarian pertunjukkan. Dan biasanya, dijadikan sebagai tarian pembuka saat pementasan pertunjukkan tradisional Ludruk

Yang pasti, seperti tari-tari tradisional pada umumnya, seni tari tradisional Ngremo ini harus tetap eksis meski saat ini banyak bermunculan tari modern yang tanpa disadari telah menggeser tarian tradisional. Siapa lagi yang peduli dengan kelestarian tari tradisional kalau bukan masyarakat Indonesia sendiri.

sumber gambar: dprd.surabaya.go.id