Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500M. Pada masa kekuasaan Hayam Wuruk dari tahun 1350 hingga 1389,  dengan bantuan Mahapatih Gajah Mada (1313-1364), Majapahit mengalami masa kejayaan dengan menguasai begitu banyak wilayah Nusantara. Lamanya masa Kejayaan Majapahit ini, bisa dipastikan telah memberi banyak  peninggalan Budaya Majapahit, baik dalam bentuk cerita sejarah maupun peninggalan fisk budaya yang bisa disaksikan langsung di lokasi sejarah hingga saat ini. Tentunya, keragaman kebudaya yang sangat menakjubkan ini patut dilestarikan.

Sanggar Budaya Majapahit (SBM)  yang berdiri pada 12 Desember 2012 ini  merupakan sanggar yang memfokuskan diri sebagai wadah untuk melestarikan kebudayaan Majapahit.  Beragam kegiatan dilakukan untuk menunjang kelestarian budaya ini. Beberapa kegiatan budaya yang dilestarikan  adalah dengan berperan aktif dalam  kegitan Tari, Melukis, Membatik, Kerajinan, Festival Musik, Drama, Pameran serta kegiatan Kompetisi, yang dilakukan secara berkesinambungan.

Sanggar Budaya Majapahit (SBM) juga berperan aktif dalam  memperkenalkan Budaya Kerajaan Majapahit melalui kegiatan nyata berupa Napak Tilas, Upacara Adat serta menyajikan beragam artikel yang terkait dengan kebudayaan Kerajaan Majapahit.

Sanggar Budaya Majapahit (SBM) sengaja menggalakkan semua kegiatan ini,  agar generasi muda lebih kreatif dalam memperkenalkan beragam kebudayaan bangsa,  sehingga kebudayaan Indonesia bisa “menggema” tak hanya di kalangan wisatawan dalam negeri tapi juga wisatawan mancanegara.

One Response to “About Sanggar Budaya Majapahit”

  1. ariyanicholidah Says:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s